Mengenal Alat Dasar Pertukangan Kayu | KawanLawas Leather

Mengenal Alat Dasar Pertukangan Kayu

Apr 8, 2016 by

Mengenal Alat Dasar Pertukangan Kayu

Keterampilan atau skill merupakan kalimat pendek sederhana yang kira-kira bisa diartikan secara singkat sebagai ‘ilmu terapan’, bagaimana menurut kawan-kawan?

Salah satu bidang keterampilan adalah pertukangan atau lebih mengerucut lagi adalah pertukangan kayu (woodworking).

Pada dasarnya keterampilan pertukangan kayu tidak terlalu rumit, hanya butuh pemahaman fungsi tiap alat dan sedikit fantasy tentang rancangan design / bentuk benda yang ingin kita buat.

Jika masih merasa kesulitan di jaman keterbukaan informasi saat ini banyak tutorial mulai dari dasar sampai expert di unggah di media seperti youtube, dsb.

Diantara alat-alat dasar pertukangan kayu yang wajib dimiliki untuk pemula :

  1. gergaji manual / handsaw
  2. palu kambing
  3. kampak
  4. pahat /woodchisel
  5. alat ketam / planer
  6. siku tukang
  7. alat bor / drill
  8. meteran tarik
  9. pensil
  10. benang

Dengan alat-alat pertukangan diatas sudah hampir semua pekerjaan perkayuan (woodworking) yang bisa kita kerjakan.

bahkan jika ingin mencoba membuat boat sendiri buat solusi banjir? mengapa tidak 🙂

 


Seiring perkembangan teknologi alat-alat pertukangan kayu saat ini sangat beragam terutama jenis berpenggerak mesin, sehingga hampir tidak ada kesulitan untuk pemula sekalipun untuk membuat proyek D.I.Y (Do It Yourself) dalam bidang pertukangan kayu (woodworking). Tentunya semua kembali kepada pilihan masing-masing 🙂

sebagai contoh adalah gergaji mesin, beberapa pilihan diantaranya :

  1. Circullar Saw (gergaji piringan); jenis gergaji ini bisa digunakan terutama untuk pekerjaan membelah kayu semisal balok menjadi bentuk kaso dengan cepat, adapula pilihan yang dilengkapi lengan ayun dan derajat kemiringan untuk memotong dengan presisi.
  2. Reciprocating Saw jenis ini hampir menyerupai gergaji tangan, namun digerakkan dengan mesin sehingga lebih bertenaga dan meringankan pekerjaan. dilengkapi pula berbagai varian jenis mata gergaji.
  3. Zig Saw sesuai namanya gergaji ini lebih diutamakan untuk pekerjaan pemotongan bentuk tidak lurus, sistem kerja mirip reciprocating namun dengan ukuran mata gergaji lebih pendek dan slim.

Demikian pula jenis – jenis alat pertukangan lainnya seperti mesin bor, mesin ketam / planer, bahkan palu sekalipun bisa dijumpai dalam bentuk mesin.

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua. terima kasih sudah berkenan membaca, jika ada kritik, saran atau tambahan bisa disampaikan melalui kolom komentar.

Related Posts

Share This

468 ad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.