Sedikit Tentang Stroping | KawanLawas Leather

Sedikit Tentang Stroping

Apr 7, 2016 by

Sedikit Tentang Stroping

Halo Kawan-kawan !

Bagi kawan-kawan yang hobby pisau pasti pada sudah mengerti tentang ‘stroping’, tapi mudah-mudahan tak ada salahnya kita bahas lagi di artikel kali ini.. mana tahu ada sebagian kawan kita yang masih belum ngeh tentang masalah stroping, terutama hubungannya dengan leather craft.

Btw ada yang tahu arti kata stroping? dari pada repot translate dan salah comot, mungkin bisa diartikan ‘finishing’ atau juga ‘penggosokan untuk menghaluskan’.. agak belepotan juga ya?? mungkin kawan-kawan lebih faham arti tepatnya, atau bisa coba translate sendiri. hehee.. 🙂

Banyak teori dan petunjuk tentang stroping.. dari mulai menggunakan bambu, karton, kain jeans, dll. tetapi untuk gampangnya saya pribadi lebih memilih yang populer, yaitu menggunakan bagian belakang (flesh side) kulit nabati alias vegtan (vegetable tanned). Untuk bahan polesnya bisa menggunakan autosol, tetapi saya sendiri biasa menggunakan batu ijo (langsol), atau ada juga yang menyebut ‘sabun stainless’.. biasanya banyak dijual di toko-toko besi, karena pertimbangan lebih hemat dan murah.

salah satu model leather stroper

IMG_20150404_182751_1428147011348

 

simple stroper

simple stroper

Lalu fungsi stroping penting gak sih? fungsi utama stroping ialah menghaluskan bekas guratan, atau bulu-bulu micro bekas pengasahan maupun lipatan pada edge (bagian tajam) yang hampir tidak terlihat bekas pemakaian, tujuannya agar permukaan menjadi halus dan licin (kerja tools atau pisau tidak nyendat/kasar). Jadi mungkin bisa disimpulkan sendiri penting atau tidaknya stroping.

Caranya? setelah pisau atau tools tajam dan cukup halus atau juga sebelum dipakai kerja, siapkan potongan kulit, gosok-gosokan batu ijo pada bagian belakang kulit yang kasar (flesh side) sampai didapat serbuk batu ijo yang dirasa cukup, lalu gosokkan pisau/tools dengan gerakan mundur dari posisi bagian tajam (edge) sampai terasa halus dan mengkilap.. selanjutnya gosok sebentar pada bagian kulit yang bersih, sekedar untuk membersihkan sisa serbuk batu ijo.

after stroping

after stroping

Jika tahapan stroping benar, pisau atau tools kita akan semakin licin & lancar untuk memotong maupun menembus lapisan leather yang tebal sekalipun.

Selamat bersenang-senang & happy crafting !!

Related Posts

Share This

468 ad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.