Benang Untuk Kerajinan Kulit | KawanLawas Leather

Benang Untuk Kerajinan Kulit

Apr 2, 2016 by

Benang Untuk Kerajinan Kulit

Benang untuk menjahit produk kulit pada dasarnya terbagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk proses jahit menggunakan mesin (machine stitching) & untuk proses jahit menggunakan tangan (hand stitching).

jika pada proses jahit mesin umumnya menggunakan benang type twist (puntir) dari jenis polyester dan nylon dengan ukuran kecil sampai menengah dan  biasanya tidak di wax (unwaxed), adapun jenis pelapisan / finishing pada jenis benang ini biasanya disebut lubricated  (sistem pelumasan) dan bonded (tidak terurai).

pada proses handstiching pilihan jenis benang sangat bervariasi dan umumnya pre-waxed (diberi pelapis semacam lilin), walaupun sah-sah saja menggunakan benang unwaxed semua tentunya kembali lagi kepada pilihan dan citarasa masing-masing pengrajin (leather crafter), maupun permintaan pasar (konsumen).

jenis benang yang dipakai dalam handstiching diantaranya : polyester, nylon (serat sintetis), ramie/linen (serat alami / tumbuhan),  dan sinew (yang asli berasal dari sejenis otot hewan) dengan berbagai type seperti : twist (puntir/bulat), braided (anyam /kepang, umumnya cenderung pipih / gepeng seperti pita) dan bulky (type puntir tunggal dan cenderung agak tebal/besar mis. : artificial sinew, dan cord).

koleksi pribadi - dari berbagai cara mendapatkannya :D

koleksi pribadi – dari berbagai cara mendapatkannya 😀

pilihan jenis finishing yang paling banyak dipakai biasanya ‘heavy’ waxed, namun jika tidak menyukai wax yang terlalu tebal (heavy) bisa memilih kategori ‘medium’ waxed, ‘light’ waxed atau ‘lubricated’.  kelebihan finishing dengan wax selain sebagai pelumas agar menarik benang tidak terlalu berat juga melapisi benang sehingga lebih tahan basah dan lebih awet.

namun sayangnya karena toko-toko fisik/off-line yang khusus menjual alat-alat kerajinan kulit sangat jarang ada, jenis-jenis benang dengan predikat khusus untuk proses leather handstiching (jahit tangan) ini agak sulit dicari karena rata-rata masih produk dari luar negeri. pengalaman sharing dengan beberapa kawan crafter biasanya mereka membeli dari ebay, aliexpress atau langsung belanja ke website resmi produsen. pilihan lainnya adalah membeli kepada reseller yang mendatangkan secara mandiri, membeli patungan / menitip kepada kawan yang kebetulan ingin belanja barang yang sama, atau jika mempunyai koneksi crafter yang cukup besar bisa mencoba barangkali yang bersangkutan mempunyai stock lebih dan mau berbaik hati berbagi  🙂

mengingat handmade leather crafts bukan merupakan ‘mass-product’ biasanya dibuat berdasarkan mood dari crafter yang bersangkutan, dan kadang custom (sesuai selera & keinginan pemesan), sehingga dikategorikan sebagai art-works  karena melibatkan cita-rasa dalam prosesnya.. karena itu tidak ada batasan penggunaan jenis, type dan ukuran benang.

semoga berkenan & bermanfaat

Related Posts

Share This

468 ad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.